Berpikir untuk menawarkan layanan desain logo kepada klien? Sebelum melakukannya, pastikan Anda memahami dengan baik segala sesuatu yang diperlukan untuk membuat logo yang bagus. Dari berbagai cara menyatukan logo hingga prinsip-prinsip yang mendorong desain logo yang efektif.
Ada tiga hal yang Anda perlukan
untuk mendesain logo yang bagus:
1.
Pemahaman yang jelas tentang merek
dan identitas klien Anda
2.
Pengetahuan mendalam tentang audiens
target mereka
3. Informasi tentang lanskap kompetitif
(terutama yang berkaitan dengan visual branding mereka)
Apa pun jenis produk yang Anda buat,
Anda tetap harus mengumpulkan informasi ini. Jadi mengapa tidak memanfaatkannya
untuk mendesain logo untuk mereka juga? Mereka mungkin akan mendapatkan desain
yang lebih baik jika desainer yang sama tetap mengerjakan semua aset mereka.
Jika Anda berpikir untuk menambahkan desain logo ke penawaran Anda, inilah yang perlu Anda ketahui tentang mendesain jenis aset ini.
Memilih Jenis Logo yang Tepat
Ada sejumlah elemen yang disatukan
oleh desainer untuk menciptakan logo yang sempurna untuk sebuah merek:
·
Susunan kata
·
Tipografi
·
Warna
·
Perumpamaan
·
Ruang putih
Berbeda dengan situs web atau
aplikasi tempat Anda menggabungkan semua elemen ini, hal ini tidak berlaku
untuk logo. Untuk lebih memahami alasannya, mari kita lihat delapan jenis
format logo yang berbeda:
1.
Tanda Bergambar
Logo tanda bergambar hanya terdiri
dari sebuah gambar. Secara khusus, gambar mewakili objek yang dapat dikenali.
Misalnya, ini adalah logo tanda
bergambar untuk Acorns :
Jenis logo ini bagus untuk
perusahaan dengan nama objek di dunia nyata. Seperti Acorns, Apple atau Target.
2. Logo Maskot
Logo maskot adalah sejenis tanda bergambar. Namun, alih-alih mewakili benda mati, desain logo ini mewakili hewan atau orang yang mewakili merek tersebut. Seperti logo Philadelphia Eagles :
3. Tanda Abstrak
Tanda abstrak mirip dengan tanda bergambar karena merupakan grafik yang berdiri sendiri. Namun, mereka tidak mewakili objek atau persona yang dapat dikenali. Sebaliknya, mereka adalah bentuk dan tata letak yang dibuat secara unik yang mewakili suatu merek dan bukan yang lain. Logo Mastercard adalah contoh yang bagus:
Desain logo ini memang mewakili bentuk yang mungkin dikenali banyak orang—diagram Venn. Namun, tidak ada tandingannya di dunia fisik kita yang menjadikan bentuk dan kombinasi warnanya unik dan spesifik untuk Mastercard.
Bola warna-warni Pepsi serta swoosh
Nike adalah contoh lain dari tanda abstrak.
4. Tanda Kombinasi
Tanda kombinasi menyatukan desain logo grafis dengan tulisan. Yang menarik dari opsi ini adalah ia menawarkan banyak fleksibilitas. Merek dapat menggunakan desain logo lengkap seperti yang dilakukan Feedly di sini:
Kunci untuk membuat logo jenis ini
berfungsi adalah menjaga tipografinya tetap sederhana dan memasangkannya dengan
grafis yang unik. Ada banyak sekali contoh perusahaan yang logonya merupakan
tanda kombinasi.
5. Logo Lambang
Logo lambang dapat menggabungkan banyak elemen dalam bentuk lingkaran atau segel. Mereka bisa jadi hanya tipografi seperti pada contoh Jersey Mike :
Dalam kasus lain, mereka menyertakan grafik. Tergantung pada jenis lambang serta merek yang diwakilinya. Misalnya, jika ingin terlihat lebih vintage atau abad pertengahan, desainnya mungkin menyerupai lambang. Jika dimaksudkan agar terlihat lebih formal atau tradisional, mungkin menyerupai stempel atau stempel.Lihatlah perusahaan bir tua seperti
Samuel Adams atau universitas dengan sejarah panjang dan Anda pasti akan
menemukan logo lambang.
6. Tanda Kata
Tanda kata (atau tipe logo) adalah logo tanpa gambar apa pun. Elemen tipografi adalah nama lengkap merek. Misalnya, ini adalah tanda kata Pandora :
Tanda kata efektif untuk banyak jenis merek. Jika Anda merasa buntu dalam membuat grafis yang cocok untuk logo Anda, ini adalah pilihan yang bagus.Tanda kata juga merupakan pilihan
yang baik untuk merek yang memiliki pengenalan nama yang kuat. Coca-Cola dan
Disney adalah contoh merek yang tidak memerlukan representasi visual untuk
menonjolkan logo atau nama mereka.
7. Tanda huruf
Tanda huruf (atau logo monogram)
juga merupakan logo tanpa gambar. Berbeda dengan tanda kata yang mengeja nama
suatu merek, tanda huruf adalah versi singkatan dari nama merek.
Misalnya,London Symphony Orchestra menggunakan huruf “LSO” dalam desain tanda hurufnya:
Yang menarik dari desain ini adalah tanda huruf dan tanda abstraknya. Font bergaya bertuliskan “LSO.” Namun, gerakan huruf tersebut sengaja digambar dalam bentuk seseorang yang sedang memimpin orkestra.Tanda huruf tidak perlu mewah atau
abstrak agar efektif. Organisasi seperti The Wall Street Journal (WSJ) dan
American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA) memiliki
tanda huruf yang tidak memiliki gaya jika dibandingkan dengan LSO. Namun, orang
tidak kesulitan mengingat nama merek mereka.
8. Bentuk Huruf
Bentuk huruf adalah versi tanda kata yang lebih disingkat. Mereka hanya berisi satu huruf—biasanya, itu adalah huruf pertama dalam nama perusahaan. Misalnya, bentuk huruf Publix adalah huruf kecil “p” bulat di dalam lingkaran hijau:
Sama seperti tanda huruf dan tanda kata yang cocok untuk berbagai macam merek, demikian pula bentuk hurufnya.Namun, menurut saya ini juga
merupakan pilihan yang baik ketika Anda memerlukan versi singkat logo Anda
untuk ruang sempit. Bentuk huruf seperti Publix dengan font bulat yang tampak
asli adalah yang paling efektif karena akan lebih mudah untuk memilih logo lain
di tab browser yang terbuka, sambil menelusuri media sosial atau memeriksa
kotak masuk email seseorang.
No comments:
Post a Comment